Rabu, 25 Oktober 2017

PERTEMUAN TAMAN-TAMAN SURGA

Sahabatfillah..
Adalah salah seorang sahabat yakni Abdullah ibnu Rawahah RA, di manapun bertemu dengan sahabat Nabi SAW lainnya, selalu berkata, ''Mari, mari kita percaya pada Allah setiap saat.''
Saat mendengar hal tersebut Nabi SAW bersabda, '' _Semoga Allah memberikan rahmat kepada Ibnu Rawahah, karena ia mencintai perkumpulan-perkumpulan yang para malaikat merasa perlu untuk hadir.''_
📎Begitu mulia kedudukan majelis ilmu, hingga Rasulullah menyebutnya akan diikuti pula oleh para malaikat. Tak hanya itu, beliau bahkan mengistilahkan majelis ilmu sebagai taman-taman surga.
📗Nabi SAW bersabda, '' _Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berzikir.'' Para sahabat bertanya, ''Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?'' Nabi menjawab, ''Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu)._ '' (HR at-Tirmidzi (no. 3510), Ahmad (III/150), dari Shahabat Anas bin Malik ra.
🍃 *Taman Surga/Halaqah/Majelis Ilmu*
Halaqah adalah salah satu sarana dalam proses Tarbawi.
Kata tarbawi/ pendidikan” adalah terjemahan dari bahasa Arab, yakni Rabba-Yurabbi-Tarbiyyatan. Kata tersebut bermakna: pembimbing, pengasuhan dan pemeliharaan, prosesnya disebut Tarbiyah Islamiyah.
❓Apa Arti *Halaqah* ..?
▪Kata halaqah berasal dari bahasa arab yaitu halaqah atauhalqah yang berarti lingkaran. Kalimat halqah min al-nas artinya kumpulan orang yang duduk.( Ahmad Warson Munawwir, Al-Munawwir: Kamus Arab –Indonesia,)
▪Halaqah sendiri dikenal dalam berbagai istilah, ada yang menyebutnya dengan *usrah* (keluar-ga), karena metode - ini lebih bersifat kekeluargaan.
Ada pula yang menyebutnya dengan *liqa* . Sedangkan dalam bahasa Jawa, halaqah ini lebih dikenal dengan _wetonan_ atau _bandongan_ .
▪Halaqah adalah sebuah istilah yang ada hubungannya dengan dunia pendidikan, khususnya pendidikan atau pengajaran Islam (tarbiyah Islamiyah). Istilah halaqah(lingkaran) biasanya digunakan untuk menggambarkan sekelompok kecil Muslim yang secara rutin mengkaji ajaran Islam. Jumlah peserta mereka dalam kelompok kecil tersebut berkisar antara 3-12 orang. Mereka mengkaji Islam dengan manhaj (kurikulum) tertentu. Biasanya kurikulum tersebut berasal dari murabbi/naqib yang mendapatkannya dari jamaah (organisasi) yang menaungi halaqah tersebut. Di beberapa kalangan, halaqah disebut juga mentoring, ta’lim, pengajian kelompok, tarbiyah atau sebutan lainnya.( Satria Hadi Lubis, _Menggairakan Perjalanan Halaqah_ : _Kiat Agar Halaqah Lebih Dahsyat Full_ Manfaat, Pro You)
▪Tidak jauh berbeda, Haidar Putra Daþulay dalam bukunya Sejarah Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia menuturkan, wetonan atau bandongan adalah metode kuliah di mana para santri mengikuti pelajaran dengan duduk di sekeliling kyai. Kyai membacakan kitab yang dipelajari saat itu, santri menyimak kitab masing-masing dan membuat catatan.
▪Halaqah merupakan kumpulan individu yang berkeinginan kuat untuk membentuk kepribadian muslim secara terpadu yang berlandaskan kepada Kitabullah dan Sunnah Rasul-Nya. Oleh karena itu peranan halaqah sangat penting dalam tujuan pembentukan kepribadian muslim, yang pelaksanaannya berlandaskan kepada contoh Nabi SAW dalam membina para sahabatnya. Halaqah sebagai perisai pelindung bagi pesertanya dari pengaruh eksternal yang kotor. Masing-masing peserta terikat hubungan persaudaraan yang mendalam seperti keluarga. Halaqah juga merupakan kumpulan individu yang mempunyai kepentingan yang sama untuk meningkatkan iman dan amal saleh. ( Irwan Prayitno, _Kepribadian Dai: Bahan Panduan bagi Dai dan Murabbi_ , Pustaka Tarbiatuna)
Sahabatfillah..
Umur Bumi bertambah, Islam pun bergerak mengarungi zaman, dakwahpun tetap berjalan dengan tantangan dan ujiannya, akhir akhir ini muncul pertanyaan dan pernyataan yang meragukan (Syubhat) tentang Halaqah /liqa ini :
❓Apakah tidak dengan metoda Rasulullah dengan cara ini..?
❓Apakah Halaqah/liqa ini ibadah maudah sehingga perlu ditanyakan dalilnya?
❓Apakah salah!, Seseorang yang baru belajar agama yang sedikit menyampaikan kepada mereka yang lain..?dengan ringkas..? jika sudah setahun baru diberikan lebih dan begitu seterusnya..?(pemberian bertahap dan berjenjang..?)

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net