Senin, 15 Mei 2017

4 Cara Jitu, Ajak Si Kecil Berpuasa Sejak Dini

Diah Ayu Setiani


Untuk mempermudah para orang tua mengajak si kecil berpuasa, berikut kita bagikan beberapa cara jitu untuk mengajak si kecil berpuasa.
1. Berikan pemahaman ringan mengenai puasa dan makna bulan Ramadhan bagi umat Islam
Sebelum kita mengajak si kecil berpuasa di bulan Ramadhan, alangkah baiknya kita memberikan pemahaman ringan mengenai makna berpuasa di bulan Ramadhan. Karena dengan begitu si kecil telah memiliki sedikit gambaran bahwa apa yang dilakukannya adalah ibadah dan perintah dari Allah SWT. Jangan sampai orang tua hanya mengajak dan menyuruh anak berpuasa, tanpa memberikan pemahaman, karena itu justru akan menimbulkan pertanyaan bagi si anak.
2. Jangan ragu untuk memberikan apresiasi
Sebagai media pembelajaran untuk si kecil, jangan pernah ragu untuk memberikan apresiasi bagi si kecil, terlebih jika si kecil berhasil menyelesaikan puasa dalam satu hari full. Namun jikalau pun belum bisa selesai satu hari full atau mungkin hanya setengah hari, tetaplah memberikan apresiasi padanya, karena itu akan memotivasi anak-anak untuk terus berpuasa. Hanya saja ingat, jangan pernah memaksa si kecil untuk berpuasa full jika memang dia tidak kuat, karena kita tahu fisik anak-anak terlebih yang masih dibawah 7 tahun.
3. Buatlah menu favorit si kecil untuk berbuka dan sahur
Saat hendak membuat hidangan buka puasa atau sahur, pastikan menanyakan menu apa yang diinginkan si kecil. Karena menyantap menu favorit saat buka dan sahur juga menjadi salah hal yang dapat memotivasi bagi anak-anak. Bahkan jangankan anak-anak, orang dewasa pun seringkali sangat senang jika menu favoritnya ada di meja makan.
4. Ajak dia untuk beraktivitas seru saat berpuasa
Ajaklah si kecil beraktivitas ringan dan menyenangkan saat siang hari atau saat berpuasa, karena hal itu bisa membuat si kecil lupa dengan rasa laparnya. Intinya jangan biarkan mereka terlalu focus pada puasa tanpa kegiatan, karena itu akan membuat mereka merasakan lapar. Cobalah mengajaknya memasak atau membuat cemilan ringan untuk berbuka, dan disela-sela aktivitas itu, kita bisa menceritakan kisah atau hal yang berhubungan dengan makna berpuasa atau keislaman.
#starteam
#galaxystar


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net