Minggu, 02 April 2017

SYARAT Meraih Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

●▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬●●●▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬●

Bismillahir Rahmaanir Rahiim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...?


Kita semua tentu menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Yang kita pertanyakan bagaimana cara untuk meraih keduanya.

❥ Landasan Utama Kebahagiaan Dunia Akhirat adlah TAUHID.
sebab dg menegakkan Tauhid berarti menegakkan keadilan yg paling adil. Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma mengatakan
"Setiap perintah beribadah dlm Al Qur'an maknanya adalh Tauhid".

Kebahagiaan plg sederhana adlh: Rasa Syukur & sifat Qana’ah (merasa ridho dan cukup) dg rezeki yg Allah berikan kpadanya.

❥ Tiga Syarat Pokok Untuk Mencapai Kebahagiaan

1. Beriman - Bertakwa kepada Allah Ta’ala.
2. Bertaubat dan ber-istighfar .
3. Beramal shaleh/Berinfaq di Jalan Allah

1.● Beriman - Bertakwa kepada Allah Ta’ala.

Ketaqwaan merupakan kunci kebahagiaannya di dunia dan diakhirat. Allah Ta’ala berfirman,

Kitab Al-Qur’an ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yg bertakwa. (yaitu) Mereka yg beriman kpda yg gaib, melaksanakan salat, dan menginfakan sbagian rezeki yg kami berikan kpd mereka, dan Mereka yg beriman kpada (Al-Qur’an) yg diturunkan kpdmu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yg telah diturunkan sbelum engkau,dan Mereka yakin akan adanya akhirat. Merekalah yg mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yg beruntung.” [Al-Baqarah ayat 2-5]

Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya. Dan memberi rezki dari arah yang dia tidak sangka-sangka”(QS. Ath-Thalaq :2-3).

Jikalau sekiranya penduduk negri-negri itu beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan limpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka sendiri” . ( Al-A’raf :96).

2.● Bertaubat dan ber-istighfar .

Istighfar dan taubat merupakan sebab-sebab kebahagiaan sseorang dan sebab keluarnya karunia Allah dari langit dan bumi. Sebagaimana yang telah diucapkan Nabi Nuh a.s kpd kaumnya di dalam Al-Qur’an,

Maka aku katakan kepada mereka,’mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai, ”( QS.Nuh :10-12).

Bahkan, barangsiapa yg ingin diberi kebahagiaan terus menerus, hendaklah selalu beristighfar dan bertaubat. FirmanNya,

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepadaNya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan, dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.”(QS. Hud :3)

3.● Berinfaq di Jalan Allah

Infaq atau sedekah adalah amal kebaikan yg memiliki kedudukan tinggi didalam islam. Selain mendekatkan diri seorang hamba kpada Allah, juga mempererat hubungan antar sesama manusia.
Keutamaan sedekah bisa menjadi perisai dari api neraka.

Orang yg berinfaq di jalan Allah akan diberi ganti oleh Allah di dunia, dan ia akan meraih pahala yang besar di akhirat.
Allah berfirman,
“Dan apa saja yg kamu infaq-kan,maka Allah akan menggantinya. Dan Dialah Pemberi rizki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ :39).

Al-Hafizh Ibnu Katsir berkata, “Betapapun sedikitnya apa yang kamu infakkan dari apa yang diperintahkan Allah kepadamu dan apa yang diperbolehkan-Nya, niscaya Dia akan menggantinya untukmu di dunia dan di akhirat engkau akan diberi pahala dan ganjaran”.[Lihat Tafsir Ibnu Katsir (3/595)]

Allah -Ta’ala- berfirman,
Dan barangsiapa berpaling dari peringatanKu,mk sesungguhnya baginya penghidupan yg sempit dan Kami akn mnghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta. Berkatalah ia ‘Ya Tuhanku, mengapa engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yg melihat ?.

Allah berfirman, ’Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat kami, maka kamu melupakannya dan begitu(pula) pada hari ini kamu pun dilupakan.” (QS. Thoha: 124-126).
wallahua'laam.

●▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬●

Smoga bermanfaat.. Aamiin ya Rabbala'alamiin.

salam.ukhibbukum.fillah®
█║▌│█│║▌║│█║║▌║ █
By : okky tien


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net