Selasa, 25 April 2017

PENTINGNYA TIDUR BERKWALITAS BAGI ANAK

🌺 Ayah bunda, tidur merupakan tahap perkembangan anak yang penting. Di waktu anak sedang tidur merupakan tahap perkembangan fisik yang optimal. Ya, pertumbuhan badan yang maximal terjadi kala anak sedang tidur. Di saat siang hari dia banyak beraktiftas maka sebagai penyeimbang dia memerlukan tidur berkwalitas. Sehingga anak harus kita usahakan bisa tidur dengan nyaman.
Yuk kita usahakan beberapa kiat berikut ini :
🌺Biasakan pola jam tidur yang teratur. Tetapkan jam berapa anak-anak harus berangkat tidur. Dan jam berapa mereka bangun. Kebutuhan setiap anak berbeda-beda. Sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Jika anak sudah ditetapkan tidur jam 9 malam maka dalam kondisi apapun jam 9 harus berangkat tidur. Bila terpaksa kita mempunyai acara di waktu malam maka usahakan tidak mengganggu jam tidur anak. Karena jika mereka kurang tidur akan berakibat bangun terlambat, rewel, malas dan mengantuk di sekolah.
🌺Biasakan anak tidur di kamar. Jangan biarkan anak ketiduran di depan televisi. Ketiduran setelah menonton televisi sangat merugikan anak. Karena tubuh tidak siap untuk tidur. Otak tidak menyiapkan tubuh untuk istirahat sehingga tidur anakpun tidak optimal. Acara televisi yang baru saja dilihat akan mengendap di memori anak sepanjang malam. Bila acara yang dilihat adalah film kekerasan maka tayangan itulah yang akan menemani tidurnya sepanjang malam. Sungguh rugi bukan?
🌺 Hantarkan anak tidur dengan nyaman. Ajak anak untuk gosok gigi dan berwudhu sebelum tidur. Kemudian berikan penghantar tidur yang menyenangkan. Didongengkan, di ajak berdoa sebelum tidur, atau pijat badannya ringan. Usapan sayang di kepalanya akan membuatnya tersenyum di balik selimutnya. Semua hal menyenangkan tadi anak menjadi penghantar tidur yang nyaman dan dirasakan anak sepanjang tidurnya.
🌺Biasakan tidur dalam kondisi gelap. Tubuh anak benar- benar istirahat total dalam kondisi gelap. Ini dibiasakan ya,bun. Jika anak takut gelap maka temani dulu sampai dia tidur. Temani anak cukup dengan posisi kita duduk. Kalau kita berposisi tidur, biasanya kebablasan ikut tidur kan?
🌺Pastikan tidak ada gagdet di kamar anak yang mengganggu tidurnya. Hape, televisi, netbook dan lain-lain. Barang-barang itu godaan tidur anak. Bisa jadi, anak akan bangun lagi jika kita sudah pergi, untuk bermain gagdet. Termasuk hape anak sendiri. Jangan biarkan anak menyimpan hapenya sendiri. Karena sebenarnya anak SD belum waktunya diberi hape pribadi.
🌺Ayah Bunda, mari kita biasakan tidur berkwalitas bagi anak-anak kita. Sebagai bentuk upaya kecil kita menjaga amanah yang Allah titipkan untuk kita.
🌺Bunda Farida_


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net