Senin, 13 Maret 2017

Ucapan Salam Adalah Doa

"Ucapan Salam Adalah Doa" (Renungan Malam)
-------------------------------------------------------------------
Bismillāhir-rahmānir-rahīm
Assalaamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuhu..
(“Semoga keselamatan, rahmat Allah dan berkah-Nya tercurah kepadamu").
Mengucapkan dan menjawab salam dalam agama islam adalah sangat dianjurkan agar bisa saling mendoakan ,mendapatkan kebaikan dalam salam tersebut dan saling mencintai antar sesama muslim.Sebagaimana hadist di bawah ini :
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:
Kalian tidak akan masuk Jannah sampai kalian beriman dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan apa yang bisa membuat kalian saling mencintai? Para Shahabat berkata : “Tentu ya Rasulullah..” Sebarkanlah salam diantara kalian”. (HR. Muslim no.54)
Pada hakekatnya ucapan salam merupakan do’a dari seseorang bagi orang lain. Di dlm lafadz salam “Assalaamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakaatuh” terdapat wujud kecintaan seorang muslim pada muslim yang lain. Yaitu keinginannya agar orang yang disapanya dgn salam, bisa memperoleh keselamatan, rahmat, & barokah.
Barokah artinya tetapnya suatu kebaikan & bertambah banyaknya dia. Tentunya seseorang senang bila ada orang yang mendo’akan keselamatan, rahmat, & barokah bagi dirinya. Semoga Allah mengabulkan do’a tersebut. ..Aamiin.
Dasarnya pahala yang diperoleh dari mengucapkan salam adalah hadits Nabi ﷺ :
Dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu ‘anhu berkata,
“Seorang laki-laki datang kepada Nabi ﷺ, lalu mengucapkan “Assalamu ‘alaikum”. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, “sepuluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, “Dua puluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh”. Nabi membalas salamnya lalu dia duduk dan Nabi berkata, “Tiga puluh (kebaikan).” (HR. Abu Daud)
.
.
Saudariku fillah yg dirahmati Allah.., bayangkanlah!
Betapa banyak kebahagiaan yg kita bagikan kepada saudara kita sesama muslim bila setiap bertemu dg muslimah lain, baik yg kita kenal maupun tak kita kenal- kita senantiasa menyapa mereka dgn salam. Bukankah kita pun ingin bila kita memperoleh banyak do’a yang demikian?!
Namun, sangat baik jika seorang wanita muslimah tak mengucapkan salam kepada laki-laki yang bukan mahromnya jika dia takut akan terjadi fitnah. Maka, bila di jalan kita bertemu dgn muslimah yang tak kita kenal namun dia berkerudung & kita yakin bahwa kerudung itu adalah ciri bahwa dia adalah seorang muslimah, ucapkanlah salam kepadanya.
Semoga dengan hal sederhana ini, kita bisa menyebar kecintaan kepada sesama saudara muslimah. Insya Allah.
✿(\ /)
✿(•.•)
•c(")(")Aamiin ya Rabbal'alaamiin.
Salam ukhibukum fillah... <3
By : Okky Tien

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net