Rabu, 08 Maret 2017

AYAT-AYAT AL-QUR’AN YANG BERHUBUNGAN DENGAN SAINS


بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيم

1. MANUSIA DICIPTAKAN DARI TANAH

وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَمِن صَلۡصَـٰلٍ۬ مِّنۡ حَمَإٍ۬ مَّسۡنُونٍ۬“
Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) daritanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”.(QS. Al-Hijr (15) : 26)
Unsur-unsur penyusun mahkluk hidup (termasuk manusia), ternyata sama dengan unsur penyusun manusia. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian dengan abu bekas bakaran makhluk hidup tersebut, memiliki unsur yang sama.

2. TEORI LEDAKAN BESAR SEMESTA (BIG BANG) DAN PENGEMBANGAN ALAM (EKSPANSI)
أوَلَمۡ يَرَ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓا ْأَنّ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ ڪَانَتَا رَتۡقً۬ا فَفَتَقۡنَـٰهُمَا
Tidakkah orang-orangkafir memperhatikan, bahwa langit dan bumi padamulanya adalah menyatu, dan Kami pisahkan mereka…” (QS. Al-Anbiya (21) : 30)

وَٱلسَّمَآءَ بَنَيۡنَـٰهَا بِأَيۡيْدٍ۬وَإِنَّا لَمُوسِعُون
َ“Dan langit, Kami ciptakan dengan kekuatan,dan Kamilah yang mengembangkannya” (QS Adz-Dzaariyat (51) : 47)
Menurut penelitian, alam semesta ini dulunya satu (seperti “atom raksasa”) dan kemudian terjadi Big Bang (dentuman besar), dan sampai sekarang, galaksi-galaksisaling bergerak menjauhi satu sama lain.

3. MATAHARI TERMASUK BINTANG YANG BEREDA

وَٱلشَّمۡسُ تَجۡرِى لِمُسۡتَقَرٍّ۬لَّهَاۚ
Dan Matahari beredar menurut garis edarnya…” (QS. Yaa Siin (36) : 38).
Matahari dan ratusan milyar bintang lainnya, bergerak mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti, dengan periode revolusi sekitar 226 juta tahun (1 tahun galaksi).

4. AIR, KOMPONEN UTAMA PENYUSUN MAKHLUK HIDUP

”وَجَعَلۡنَامِنَ ٱلۡمَآءِ كُلَّ شَىۡءٍ حَىٍّ“…
Dan Kami jadikan dari air, segala sesuatu yang hidup…”(QS. Al-Anbiya (21) : 30)
Penelitian membuktikan, bahwa lebih dari 1/2 komponen makhluk hidup terdiri dari air. Tubuh manusiamemiliki 60-70 persen air, sedangkan permukaan bumi 71%.

5. SIKLUS AIR

ٱللَّهُ ٱلَّذِى يُرۡسِل ُٱلرِّيَـٰحَ فَتُثِيرُ سَحَابً۬ا فَيَبۡسُطُهُ ۥ فِى ٱلسَّمَآءِكَيۡفَ يَشَآءُ وَيَجۡعَلُهُ ۥكِسَفً۬افَتَرَى ٱلۡوَدۡقَ يَخۡرُجُ مِنۡ خِلَـٰلِهِۦ“
Allah-lah yangmengirimkan angin,kemudian menjadikan awan-awan dan menebarkannya di langit, danmenjadikannya berkeping-keping, maka kamu melihatair hujan turun dari sela-selanya…” (QS. Ar-Rum (30) : 48).
Ayat ini menerangkan siklus air, yaitu angin yang bertiup,membawa uap air, kemudian naik menjadi awan, dan kemudian awan tersebut terpecah-pecah, dan keluar air hujan. Air hujan menguap kembali dan akan ditiup angin,begitu seterusnya. Hal ini membuat jumlah air di permukaan bumi ini menjadi konstan.

6. GENERASI SEBELUM MANUSIA
وَٱلۡجَآنَّ خَلَقۡنَـٰهُ مِن قَبۡلُ مِن نَّارِ ٱلسَّمُوم
Danbangsa jin, Kami telah ciptakansebelumnya, yangterbuat dari api” (QS. Al-Hijr (15) : 27)
Jin yang dimaksud disini adalah mahkluk lain sebelum manusia sekarang (Homo Sapiens), seperti binatang-binatang purba (dinosaurus).

7. PENCIPTAAN MANUSIA DI DALAM RAHIM

وَلَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ مِن سُلَـٰلَةٍ۬ مِّن طِينٍ۬ ثُمَّ جَعَلۡنَـٰه ُنُطۡفَةً۬ فِى قَرَارٍ۬ مَّكِينٍ۬ ثُمَّ خَلَقۡنَاٱلنُّطۡفَةَ عَلَقَةً۬ فَخَلَقۡنَا ٱلۡعَلَقَةَ مُضۡغَةً۬ فَخَلَقۡنَا ٱلۡمُضۡغَةَ عِظَـٰمً۬ا فَكَسَوۡنَا ٱلۡعِظَـٰم َلَحۡمً۬اثُمَّ أَنشَأۡنَـٰه ُخَلۡقًا ءَاخَرَ‌ۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحۡسَنُ ٱلۡخَـٰلِقِينَ
Dan sungguh, kami telah menciptakan manusiadari
saripati tanah. Dan Kami jadikan ia sebagaimani kedalam tempat yang kokoh.Dan Kami jadikanmani tersebut segumpal darah, kemudian Kami jadikan segumpal darah tersebut daging, kemudian Kami jadikan daging tersebut tulang, kemudian Kami bungkustulang tersebut dengan daging, kemudian Kami kembangkan ia menjadi ciptaan yang lain.Dan Maha Suci Allah, Sebaik-baik Pencipta’. (QS : Al-Mu’minun (23): 12-14)
Ayat ini menerangkan penciptaan dalam rahim. Air mani (zigot) akan berkembang, dan membentuk lapisan daging dan tulang, dan dibungkus lagi dengan daging/mudghah, dan ditambah organ-organ tubuh lain.

8. LANGIT SEBAGAI ATAP

وَجَعَلۡنَا ٱلسَّمَآءَسَقۡفً۬ا مَّحۡفُوظً۬ا‌ۖ
Dan Kami jadikan langit sebagaiatap yang terpelihara…” (QS Al-Anbiya (21) : 32)
Medan magnetik Bumi, melindungi permukaan Bumi dari partikel-partikel asing Matahari.

9. ORBIT BENDA ANGKASA
وٱلسَّمَآءِذَاتِ ٱلۡحُبُك
Demi Langit, yang mempunyai jalan-jalan” (QS Adz-Dzaariyat (51) : 7)
“Jalan” disini, dimaksud sebagai garis edar benda angkasa, seperti planet, bintang, dan lain-lain.

10. PEMBATAS LAUT TAK TERLIHAT

وَمَا يَسۡتَوِى ٱلۡبَحۡرَانِ هَـٰذَا عَذۡبٌ۬ فُرَاتٌ۬ سَآٮِٕغٌ۬ شَرَابُهُ ۥ وَهَـٰذَا مِلۡحٌ أُجَاجٌۖ
Tidak sama kedua laut itu.Satumenyegarkan, dapat diminum, yang satuasin lagi pahit” (QS Faathiir (35) : 12)
Terbukti dengan adanya laut Samudra Atlantik (kadar garam < 3,6%) dan Laut Mediterania (kadar garam > 3,65%) yang menyatu.

11. GUNUNG SEBAGAI PENSTABIL

وَأَلۡقَىٰ فِى ٱلۡأَرۡضِ رَوَٲسِى َأَن تَمِيدَ بِڪُمۡ
Dan Kami hamparkan gunung-gunung,agar kalian tidak berguncang…” (QS An-Nahl (16) : 15)Kerak bumi, yang sangat tipis (memiliki ketebalan tak sampai setengah persen radius bumi), memungkinkan bumi ini untuk berguncang. Gunung diciptakan oleh Allah SWT. sebagai pasak penstabil (cara kerja seperti paku).

Semoga bermanfaat !!!

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net