Selasa, 07 Maret 2017

Daily Inspiration : 3 Tipe pemain catur yang menentukan kesuksesan seseorang

      Awalnya saya sama seperti anda yang tidak peduli pada judul di atas ketika saya dapatkan dalam diskusi dengan salah satu coach saya.

_"Masa... sih coach? "_
_"Terlalu banyak di kait-kaitkan nih... seperti, cara jalan menentukan kesuksesan, cara duduk menentukan kesuksesan, cara makan menentukan kesuksesan, sekarang ini... dasar motivator!"_ guam saya dalam hati.

Hehe maklum saya ini, terlalu banyak dibius motivasi, jadi gumoh. Kebetulan waktu itu banyak masalah yang saya hadapi. Sampai-sampai saya menutup diri pada coach saya.

Ditantanglah saya bermain catur dengan beliau. _"Iqbal sini main catur dengan saya!" "Oke coach"_ dengan malasnya saya menjawab.

Belum sampai 1 menit permainan dimulai. Saya kalah... permainan ke 2 belum sampai 1 menit juga saya kalah lagi. Saya mengambil langkah cepat karna ingin cepat-cepat selesai.

_"Yaa itulah karakter kamu tidak pernah serius menghadapi tantangan atau masalah. Kamu akan gagal terus menerus dalam waktu cepat."_

Hah?....  iya juga kata coach ini ^_^ mulai sadar saya.

nilah tipe/karakter pertama #1
```Niat mau nyelesain tapi gak serius, yang penting jalan, ga selesai-selesai problemnya.```

Akhirnya saya aktifkan logic saya. Saya sadar 100% serius bermain catur ini. Baru 1 permainan hampir setengah jam hanya baru melangkahkan beberapa pion.

_"Yaa itulah karakter kamu giliran serius, kebanyakan mikir. Jadi engga jalan-jalan, takut inilah takut itulah... inget umur! Semua punya batas waktu, kamu engga bisa diem dan ga mau jalan karna takut gagal."_

*Inilah tipe/karakter kedua #2
```Lama mikirnya, mikirin masalah terus, akhirnya takut untuk jalan dan ambil tindakan. Alhasil masalah tidak akan selesai2 juga.```

_"Lalu saya harus apa coach? Saya cepat salah, saya serius mikirannya salah juga... kasih tau saya coach apa yang harus saya lakukan?"_

_"Itulah tugas mentor bal! Membimbing anak didiknya walaupun dia tidak mau. Itulah fungsinya saya ada disini. Memberitahu kamu jalan keluar."_

_"Iya coach maafin saya tadi saya engga bisa ngendaliin diri, cuekin anda coach..."_

_"Iya gpp... saat kamu bermain catur. Ibaratkan kamu meraih kesuksesan. Kamu harus melewati dan menikmati prosesnya satu demi satu. Dan kunci utamanya kamu harus berfikir jangka panjang"_

_"Kamu harus pikirkan semua tindakan yang kamu lakukan memiliki resiko dan peluang. Fokuslah pada peluang. Dan management resikonya oleh mu buat menjadi sekecil mungkin."_

_"Jangan hanya berfikir selangkah kedepan. Berfikirlah puluhan langkah kedepan. Contoh kamu menjalankan pion mu, kau gunakan pion mu untuk memancing musuh, berfungsi sebagai penyerang juga, jika di makan kamu punya back up kuda, kuda punya back up benteng, dan seterusnya dan seterusnya."_

*Inilah tipe karakter ke empat*
```Kamu sangat menguasai pertempuran. Kamu tau apa yang harus kamu lakukan apapun yang terjadi. Kamu mengetahui setiap langkah yang kamu ambil masing-masing resiko dan peluanya. Dalam pikiranmu kamu telah melangkah puluhan bahkan ratusan kedepan. Sedangkan orang baru hanya berfikir 1 langkah kedepan.```

#Jleeb banget

Digampar-gamparin saya hari ini. Akhirnya saya mengerti apa yang harus saya lakukan _"thanks coach i love you..."_

*Kesimpulan*
```Orang bodoh bertindak tanpa berfikir, orang pintar banyak berfikir takut bertindak, orang cerdas konsisten bertindak namun tetap berfikir jauh kedepan, menguasai setiap tindakan yang di ambil dengan penuh ketenangan.

- Pak Coach (Classified) ```

Ayo temen-temen saya juga lagi proses belajar nih hehe... sama-sama kita belajar ya. Ada tiga karakter di atas, kamu pilih karakter yang mana?

_Bintaro, 7 Maret 2017_


0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net